• Informasi lebih lanjut, hubungi kami
  • Kantor: Jl. Raya Perjuangan Bekasi Utara, Kota Bekasi
  • Telp (+62) 813 8525 0768

Berita

Abdimas: Dosen Fasilkom Ubhara Jaya Harap Kaum Ibu tak Mudah Terpengaruh Iklan

Tim dosen Pengabdian kepada Masyarakat pada Program Studi (Prodi) Informatika Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) menggelar webinar untuk memberikan pengetahuan tentang literasi iklan kepada ibu-ibu PKK di RW 07 Mustikajaya, Bekasi.

Melalui webinar tersebut, kaum ibu diharapkan tidak mudah terngaruh oleh iklan. Karena, dunia periklanan berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi informasi, yang serba mudah, cepat, dan murah. Iklan yang bertebaran itu pun sangat mudah mempengaruhi pola pikir masyarakat, termasuk kaum ibu.

“Webinar ini cocok untuk masyarakat khususnya para Ibu-Ibu yang ingin mengetahui literasi iklan. Kegiatan webinar ini mencakup dua topik, yaitu pengertian literasi dan aplikasi hoaks,” terang Ketua Tim Abdimas, Sri Rejeki dalam siaran persnya, Rabu (3/8).

Perlu diketahui, webinar tersebut digelar pada Sabtu (31/7) dan diikuti oleh 20 peserta dengan menghadirkan narasumber dari tim dosen Fasilkom Ubhara Jaya, yaitu Sri Rejeki dan Dwi Budi Srisulistiowati. Itu dilakukan, sebagai wujud Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) di masa pandemi.

Selain iu, kegiatan itu juga bertujuan agar kaum ibu memahami bahwa pesan iklan tidak seutuhnya seperti apa yang disampaikan. Namun, iklan tersebut mampu merangsang emosi untuk membeli produk yang diiklankan walaupun tidak dibutuhkan.

Menurutnya, kemampuan mengenali dan memahami apa yang terkandung dalam iklan, sudah barang tentu menjadi penting, sehingga masyarakat perlu memahami logika konstruksi iklan.

“Literasi dapat membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan cara membaca berbagai informasi bermanfaat, serta dapat membantu meningkatkan tingkat pemahaman seseorang dalam mengambil kesimpulan dari informasi yang dibaca,” kata Sri.

Peserta Ibu-Ibu yang telah berpartisipasi dalam webinar tersebut diberikan pelatihan secara gratis. Selain mendapatkan pengetahuan, menurut Sri, para peserta juga mendapatkan e-sertifikat serta dana operasional untuk kegiatan mereka.

“Walaupun berlangsung secara online, kegiatan webinar dosen informatika Ubhara Jaya ini berjalan dengan baik dan lancar. Hal itu juga tidak mengurangi antusiasme para peserta dalam memahami semua topik pembahasan,” jelas Sri

Kembali ke Daftar Berita