• Informasi lebih lanjut, hubungi kami
  • Kantor: Jl. Raya Perjuangan Bekasi Utara, Kota Bekasi
  • Telp (+62) 813 8525 0768

Blog

Abdimas: Guru Melek Teknologi dengan Workshop Virtual Pembuatan Media Pembelajaran Daring

Liputan6.com, Jakarta Program Studi Informatika Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (UBJ) menggelar workshop khusus untuk guru terkait pembuatan materi belajar-mengajar secara online setiap harinya.

Herlawati, ketua program pengabdian masyarakat UBJ menyatakan, kondisi yang ada saat ini memaksa setiap orang untuk melek teknologi. Termasuk para guru. Terlebih Hasil survei Kemdikbudristek mencatat 97 persen sekolah di Indonesia mengadakan pembelajaran dari di masa pandemi.

“Sehingga tak dapat dipungkiri kita harus beradaptasi dengan teknologi. Urgensi hal tersebut menjadi salah satu fokus dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang kita lakukan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (20/8/2021).

Dalam acara workshop virtual yang diikuti para guru SMPN 264 Jakarta, beberapa materi yang disampaikan. Di antaranya pembuatan video pembelajaran presenter-view-recorder menggunakan Powerpoint, penggunaan media interaktif mentimeter dalam aktivitas pembelajaran, dan mengupload bahan ajar berupa video ke Google Classroom dan YouTube.

Kepala Sekolah SMPN 264 Jakarta Djumadi Subiantoro yang turut hadir dalam acara menyampaikan, adaptasi teknologi pembelajaran mutlak diperlukan. Menurut Djumadi, kesulitan dirasakan tidak hanya oleh guru, tetapi juga peserta didik dan orang tua.

"Para guru kesulitan mencapai target kurikulum di kala pandemi, siswa sulit berkonsentrasi dalam pembelajaran daring,” tambahnya.

Rafika Sari, Dosen Pembimbing Lapanagn (DPL) Kampus Mengajar di SMPN 264 sekaligus dosen UBJ memaparkan, kendala dalam pembelajaran jarak jauh disebabkan oleh kurangnya kemampuan guru mengoperasikan perangkat digital. Baik murid maupun guru harus siap mengenal teknologi.

"Harapan dari acara ini guru-guru dan para dosen serta mahasiswa dapat bersinergi bersama. Semoga kita tetap bisa mencerdaskan anak bangsa walau di masa pandemi," ujarnya.

 

Link berita: https://surabaya.liputan6.com/read/4636406/guru-melek-teknologi-dengan-workshop-virtual-pembuatan-media-pembelajaran-daring

Kembali ke Daftar Blog