• Informasi lebih lanjut, hubungi kami
  • Kantor: Jl. Raya Perjuangan Bekasi Utara, Kota Bekasi
  • Telp (+62) 813 8525 0768

Berita

Pelaksanaan kegiatan Workshop Penyusunan Manuskrip Jurnal Nasional & Internasional

 Meningkatnya animo dosen Ubhara Jaya untuk meneliti dan mengabdi telah ditunjukan dengan meningkatnya jumlah Dosen Ubhara Jaya yang diterima penelitian sebanyak 78 proposal dan 76 proposal Pengabdian kepada Masyarakat. Universitas Bhayangkara Jaya menyediakan dana Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat yang sangat besar.

Salah satu komponen esensial dalam suatu Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi (SNPT). Kompetensi tenaga pendidik, khususnya dosen, diartikan sebagai seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai dan diwujudkan oleh dosen dalam melaksanakan tugas profesionalnya dalam mengemban Tridarma Perguruan Tinggi.

Kewajiban utama Dosen dalam Tridarma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, yang  melalui berbagai program sosial dan penyuluhan dan kegiatan penelitian sebagai bentuk peran serta kaum cendikia dalam pengembangan ilmu pengetahuan serta menjadi bahan pengayaan materi sebagai bekal dalam proses transfer knowledge bagi pada anak didik.

Tridarma Perguruan Tinggi yang Kedua, yaitu Penelitian merupakan indikator penting yang menunjukkan kualitas perguruan tinggi. Keduanya memiliki bobot penilaian terbesar dalam pemeringkatan perguruan tinggi. Oleh karena itu, perlu untuk terus ditumbuhkan dan dipupuk agar menjadi sebuah kesadaran kolektif (common consciousness) bahwa tugas dosen tidak hanya mengajar, namun juga wajib melakukan riset, publikasi ilmiah, dan pengabdian. Oleh sebab itu, Universitas Bhayangkara Jakarta melalui LPPMP telah membuat skema penelitian dan pengabdian masyarakat hibah internal, sehingga serta sangat berharap, munculnya ide-ide baru baik dalam penelitian maupun kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang berkelanjutan dan pada gilirannya menstimulasi perkembangan bidang bidang keahlian dan kepakaran para dosen.

Sebagai upaya mendukung kegiatan Dharma kedua dan ketiga dosen yaitu Penelitian dan Pengabdian masyarakat Ubhara Jaya bersama LPPMP menggiatkan program hibah internal untuk Skema Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Dalam pelaksanaan hibah tersebut setiap dosen mempunyai kewajiban dalam melaporkan luaran hasil penelitian, salah satunya berupa publikasi dalam jurnal baik skala Nasional maupun Internasional.

Oleh karenanya, sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi Dosen Ubhara Jaya dalam menuliskan luaran hasil peneltiian dan pengabdian kepada masyarakat perlu diadakan pengkawalanhasil luaran penelitian agar dapat selesai sesuai dengan timeline yang telah disepakati, LPPMP berinisiasi untuk melakukan kegiatan Workshop Penyusunan Manuskrip Jurnal Nasional & Internasional Berbasis Luaran Hasil Penelitian Hibah Internal Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Tahun 2022.

Kembali ke Daftar Berita