• Informasi lebih lanjut, hubungi kami
  • Kantor: Jl. Raya Perjuangan Bekasi Utara, Kota Bekasi
  • Telp (+62) 813 8525 0768

Berita

Pelatihan Teknologi untuk Belajar Santri oleh Dosen Ubhara

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI— Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) menggelar pelatihan daring dengan tema “Pelatihan Penggunaan Pengelolaan Media Pembelajaran Berbasis Web” di Yayasan Yatim Piatu Dhuafa Al-Mabrur Kabupaten Bekasi.

Dalam pelatihan ini, tim dosen Ubhara menerapkan teknologi untuk kegiatan belajar santri. Dosen Fakultas Ilmu Komputer Ubhara Jaya, Aida Fitriyani mengatakan, penerapan teknologi dalam pelatihan tersebut diharapkan bisa membantu pelaksanaan kegiatan belajar para santri dari yayasan yatim piatu tersebut.

“Dosen Ubhara harus berkontribusi dengan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat luas dengan menerapkan teknologi yang diharapkan dapat membantu pelaksanaan kegiatan belajar khususnya di yayasan ini,” ujar Aida dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (13/8).

Kegiatan pengabdian masyarakat dosen Ubhara Jaya tersebut dilaksanakan sejak 11 Agustus 2021. Acara tersebut dibuka dengan sambutan Aida Fitriyani sebagai ketu tim pengabdian, yang diikuti oleh pembina santri dan para santri yang berjumlah 20 anak santri.

Dalam sambutannya, Aida menjelaskan bahwa pada era transformasi digital, setiap kegiatan belajar seharusnya dapat didukung dengan teknologi. Karena, menurut dia, teknologi akan dapat memajukan aktifitas pendidikan, khususnya di Yayasan Al-Mabrur. 

“Sistem aplikasi yang dirancang sendiri oleh tim dosen ini bertujuan agar tim pendidikan di Yayasan Al-Mabrur dapat mengelola materi-materi pembelajaran dengan mudah, mengatur hak akses atas materi dan membuatkan akun login bagi para anak santri untuk membaca materi-materi pembelajaran tersebut,” jelasnya.

Selain itu, menurut dia, para pengajar dan pembina santri juga dapat memantau materi-materi apa saja yang sudah dibaca para santri, dan dapat mengetahui kapan santri tersebut membaca materi yang diberikan.

Dosen Ubhara Jaya lainnya, Andy Achmad menjelaskan bahwa materi yang disampaikan pada pelatihan tersebut adalah hal-hal yang dapat menunjang dan mempermudah proses pembelajaran pada yayasan tersebut.

“Semua fitur dari sistem aplikasi ini yaitu mulai dari pembuatan master data yakni data lengkap santri, akun untuk login, media pembelajaran, mengunggah materi pembelajaran, mengatur hak akses setiap materi dan mengakses pelaporan aktifitas santri dalam mengakses atau membaca materi-materi pembelajaran tersebut,” kata Andy.

Sementara itu, Ketua Pembina Santri Yayasan Al-Mabrur, Ustadz Abi Iwan Darmawan mengaku bersyukur dan berterima kasih atas pelaksanaan Abdimas oleh dosen Ubhara Jaya tersebut.

"Kami sangat bersyukur diberikan kesempatan untuk mendapat ilmu  dari dosen-dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, yang tentu saja akan menambah pengetahuan dan wawasan bagi pembina dan para santri di sini,” ucap Ustadz Abi.

Link berita: https://republika.co.id/berita/daerah/jabodetabek-nasional/qxtfx6320/pelatihan-teknologi-untuk-belajar-santri-oleh-dosen-ubhara

Kembali ke Daftar Berita