• Informasi lebih lanjut, hubungi kami
  • Kantor: Jl. Raya Perjuangan Bekasi Utara, Kota Bekasi
  • Telp (+62) 813 8525 0768

Berita

Ubhara Jaya Resmikan Rumah Kekayaan Intelektual, Jadi Wadah Inovasi

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) meresmikan Rumah Kekayaan Intelektual sebagai wadah inovasi dan kreativitas civitas akademika.

Rektor Ubhara Jaya Bambang Karsono menyatakan, peran perguruan tinggi di Indonesia dikenal sebagai institusi yang menerapkan Tridharma yaitu pendidikan dan pengajaran, serta penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Perguruan tinggi menurutnya, mempunyai fungsi untuk meningkatkan nilai tambah para mahasiswa, menghasilkan sumber daya manusia yang terlatih dan terdidik di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, sehingga dapat menghasilkan kekayaan intelektual.

"Oleh karena itu Ubhara Jaya terus mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta kekayaan intelektual dari berbagai aktivitas riset, pengabdian kepada masyarakat dan inovasi yang dilakukan," ujarnya saat peresmian, Jumat (18/3/2022).

Selain itu, partisipasi Ubhara Jaya terhadap kekayaan intelektual, merupakan bentuk komitmen dalam memberikan kontribusi dan menjadi bagian penting pengembangan sistem inovasi nasional.

Menurut Bambang, untuk mendorong peningkatan perolehan kekayaan intelektual di perguruan tinggi dibutuhkan peran aktif berbagai pihak dari mulai unsur pimpinan, dosen dan mahasiswa, terlebih lagi komitmen lembaganya untuk memfasilitasi proses perolehan KI atas berbagai potensi yang dimiliki perguruan tinggi.

“Pembentukan dan penguatan sentra kekayaan intelektual itu pun telah diamanahkan dalam undang-undang nomor 18 tahun 2002 tentang sistem nasional penelitian, pengembangan dan penerapan teknologi,” sebut Bambang.

Kepala LPPMP Ubhara Jaya Didik Sulistyanto, menjelaskan keinginan Ubhara Jaya untuk memunculkan suasana inovasi.

Ia pun mengajak seluruh dosen dan mahasiswa Ubhara Jaya untuk bersama-sama menghasilkan sebuah luaran hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berupa produk inovasi, sehingga dapat meningkatkan kinerja dari kampus yang kita banggakan untuk mewujudkan Ubhara Jaya menjadi perguruan tinggi unggul.

“Mari bersama kita semangat untuk terus belajar, dan semangat untuk terus berkarya bagi Ubhara Jaya,” pungkas Didik.

Sumber berita: https://surabaya.liputan6.com/read/4914797/ubhara-jaya-resmikan-rumah-kekayaan-intelektual-jadi-wadah-inovasi

Kembali ke Daftar Berita